GUNUNG PRAU

Hai, tanggal 2 kemarin gue ke Wonosobo, daerah Dieng. Hiking cantik  ber-lima : Gue, Mas hendrik, Bang Uya, Ka Apri, sama Ka Mela. Kita ke Gunung Prau! Rame banget udah kayak pasar. Transportasinya, kita naik  bus Die*g Ind*h, busnya mogok terus, bayangin aja berangkat sekitar jam 5 sore (17.00 WIB) hari Kamis, tapi sampai hari Jumat belum sampe. Jam 5 sore di hari Jumat busnya mogok dan kaga bisa dibenerin. Alhasil kita nyewa mobil ELF di sekitar alun-alun. Untungnya sih 3/4 penghuni bus itu pendaki, jadi ada barengan. Parah deh, perjalanan dr Ciledug ke  Patak Banteng masa butuh 27 jam.. ga waras..

Jam 10 malem mulai hiking, jalurnya enak banget kok buat pemula. Kita naik cepet, jam setengah 1 dini hari kita udh sampe di puncak Prau.. yeah. Pemandangan kotanya keliatan lampu-lampu gitu karena malem, bagus. Pas banget juga lagi bulan purnama, bintang nya cerah (pas sampe puncak udh ga gerimis yay). BTW awal kita hiking sempet gerimis gitu jadi jalurnya licin. Ka Apri kepleset terus keram haha.

Dah pas sampe bingung mau bikin tenda di mana, itu penuh banget. Kalo kata Mas Hendrik, "Ini pasar pindah ke Prau"..

Kita turun lewat jalur Dieng, jatoh tiga kali dah kayak main perosotan.. seru juga, itu jalurnya aman kok lurus lurus aja tapi panjang gitu dan awal awal dr puncak tuh rada sempit jalurnya cuma buat 1 orang aja. Jadi kita sampe baris gitu, gantian, kalo ada turunan yg agak terjal. Sempet kepisah sama Ka Mela, untung ketemu di bawah! Rada dag-dig-dug juga sih kalo sampe ga ketemu..

Pulang naik bus Sinar Jaya, enak, nyaman. Harga Tiket cuma 105 ribu.. 12 jam sampe lagi di Ciledug. Tips nya sih ya : Bawa perlengkapan yang bener bener nyaman & safety. Sepatu nya kalo bisa jangan yg licin gitu. Bawa ponco buat jaga jaga kalo ujan. TERUS NIH YA, BAWA POLY BAG YG GEDE/TRASH BAG. Bawa sampah turun! Gak enak banget ngeliat Prau ada sampah sampah nya gitu. Sama pikirin yg mateng jalur perjalanan naik-turun, terus transportasinya yg bener bener aja, naik kendaraan yg udh pasti aja kualitasnya.. haha

Udah itu aja.. selamat mendaki.. Salam Lestari!